Malem Nisfu Syaaban di desa aku



Dimalem ini keinget belum posting sedikitpun, padahal udah comitmen untuk 1 hari 1 postingan (soalnya mau jadi blogger sejati hehehe x3940..) bingung aku malem ini mau posting aja, akhire buka facebook aja mainan bisnis bagi-bagi , setelah cape dan dirasa sudah bisa jawab pertanyaan dan daper reward rupiah. akhirnya kepikiran posting kegiatan aku habis sholat maghrib tadi, yaitu pesta menyambut malem nisfu Syaaban aja. Begini critanya. hehehe

Nisfu dalalm bahasa arab berati setengah. Nisfu Syaaban berarti setengah bulan Syaaban. Malam Nisfu Syaaban adalah malam lima-belas Syaaban. pada malem Menurut hadis riwayat (H.R. Baihaqi) bahwa pada malem ini allah akan senatiasa dekat dengan hambanya. hadist lengkapnya seperti ini :







Suatu malam rasulullah salat, kemudian beliau bersujud panjang, sehingga aku menyangka bahwa Rasulullah telah diambil, karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Setelah Rasulullah usai salat beliau berkata: "Hai A'isyah engkau tidak dapat bagian?". Lalu aku menjawab: "Tidak ya Rasulullah, aku hanya berfikiran yang tidak-tidak (menyangka Rasulullah telah tiada) karena engkau bersujud begitu lama". Lalu beliau bertanya: "Tahukah engkau, malam apa sekarang ini". "Rasulullah yang lebih tahu", jawabku. "Malam ini adalah malam nisfu Sya'ban, Allah mengawasi hambanya pada malam ini, maka Ia memaafkan mereka yang meminta ampunan, memberi kasih sayang mereka yang meminta kasih sayang dan menyingkirkan orang-orang yang dengki"


(H.R. Baihaqi)


malem ini sangat spesial banget, biasanya orang-orang di desa kayak di tempatku tadi, setelah sholat maghrib maka dilangsungkan baca Al-quran surat yasin 3 kali, trus setelah selesai di lanjutkan dengan sholat isnyak bersama, kemudian sholat sunah. dan biasanya acara ini ditu2p dengan slametan. Alhamdullih saya tadi bisa mengikuti semua acara tadi, tapi sayang gak ikut dislametanya, karena keburu pulang dulu. udah ya, ampe disini dulu critanya, udah malem ni, udah cape.....


hery
Ilmu untuk dipelajari, dibagi, dan diamalkan

Related Posts

2 komentar

  1. Pencari Kebenaran5 Agustus 2009 23.04

    Assalamualaikum.....
    Cuma Mau Tau, Kenapa Di Malam Nisfu Sya'ban Membaca Surat
    Yasin 3x? Kenapa Ga Surat Al Baqarah? Surat Ali Imran? Kenapa Ga Baca Quran
    30juz Aja? Al Quran Itukan Bukan Cuma Yasin Aja... Kalo Kamu Ga Tau Tapi
    Melakukan, Kamu Telah Melawan Perintah Allah..., Ko Gitu? Iyah Dong. Kan Allah
    Berfirman:
    "Dan Janganlah Kamu Mengikuti Apa Yang Kamu Tidak Mempunyai
    Pengetahuan Tentangnya. Sesungguhnya Pendengaran, Penglihatan Dan Hati, Semuanya
    Itu Akan Diminta Perrtanggungan Jawabnya" (Al Israa:36)berapa banyak umat yg mlakukan amalan karena ikut2 orang banyak, & dia brfikir itu pasti baik, Tapi Allah Membantah, Dia brfirman: Dan jika kamu mnuruti kebanyakan orang2 yg ada d muka bumi ini, niscaya mreka akan mnyesatkanmu dari jalan Alloh. MEREKA YDK LAIN HANYALAH MNGIKUTI PRASAAN BLAKA, & MEREKA TDK LAIN HANYALAH BRDUSTA (trhadap Alloh) (Al An'aam:116)

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter