Tips Sukses Mengikuti Job Fair

0
Sekarang ini banyak sekali perusahaan-perusahaan elite yang model penerimaan karyawannya melalui job fair. Biasanya job fair yang diadakan oleh intansi ternama  akan melibatkan perusahaan-perusahaan sekala nasional maupun multinasional.
Sayangnya, job fair yang diikuti oleh perusahaan besar biasanya dikenakan biaya tiket masuk. Biaya yang di keluarkanpun cukup besar, sekitar 25 ribu sampai 50 ribu. Akan tetapi, uang segitu tidak ada artinya jika kita mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.
Untuk memperlebar peluang diterima kerja, berikut sedikit pengalaman tips-tips yang perlu di pesiapkan :
1. Surat Lamaran Kerja
Buatlah surat lamaran kerja secara khusus jangan secara umum. Misalnya, untuk melamar pada perusahaan A, maka buatlah surat lamaran kerja kepada perusahaan A secara jelas serta cantumkan secara detail alamat serta tujuan surat anda. misalanya “Kepada HRD Manajer Perusahaan A.
Usahakan, jangan ada tulisan tangan di dalam surat lamaran kerja. Semuanya akan lebih baik dan rapi, jika diketik dengan komputer. Jika terpaksa tulisan tangan, maka sebaiknya gunakkan seluruhnya tulisan tangan. Jangan mencampurkan antara ketiikan komputer dan tulisan tangan.
2. Ijasah Legalisir
Banyak orang kadang hanya menggunakan ijasah fotocopy. Padahal, menurut saya ijasah yang dilegalisir menunjukkan motivasi tinggi dan keseriusan  pelamar kerja.
3. CV Lengkap
CV (curiculum vitae) merupakan hal yang paling disoroti saat wawancara. Oleh karena itu, buat CV apa adanya, sesuai dengan kompetensi dan pengalaman anda.
Jangan melebih-lebihkan CV, karena  pewawancara akan paham, sehingga bisa-bisa tidak respect dengan anda.
4. Berpakaian Rapi
Kenakan pakaian rapi dengan baju lengan panjang, serta jangan dilipat. Selain itu, kenakanlah celana kain, jangan memakai jins atau yang lainnya.Sepatu usahakan berwarna hitam serta gunakan sepatu resmi. Jangan memakai topi atau jacket saat wawancara.
5. Menguasai Pekerjaan yang Akan di apply
Hal ini hal yang sangat penting. Jangan sampai anda melamar pekerjaan tentang hal  yang tidak anda mengerti.
6. Jangan main-main
Tidak ada yang serba gratis di dunia ini. Artinya jika ingin di terima kerja, kerjakanlah semua usaha dengan sungguh-sungguh. Amatilah dan siapkan segala sesuatu sampai ke hal-hal terkecil. Untuk dapat diterima di suatu pekerjaan yang sesuai dengan minat itu bukan suatu hal yang mudah, tapi bisa didapatkan jika anda bersungguh-sungguh.
Mungkin itu pengalaman yang bisa saya bagi, sebenarnya masih banyak sekali hal-hal yang perlu di perhatikan selain yang saya sebutkan diatas. Semoga anda sukses, dan bisa bekerja sesuai dengan keinginan.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top