Block Situs dengan Mikrotik Versi 3

Lama banget gak nulis di blog. Yups, kali ini aku mencoba memaparkan triks untuk melakukan blocking situs tertentu dengan mikrotik. Metode yang saya paparkan disini, menggunakan metode yang mudah, yaitu dengan menggunakan metode filter rules.

Apa itu filter rules?.. Filter rules merupakan salah satu menu yang ada di mikrotik, yaitu bisa di akses dengan menggunakan winbox melalui ip --> firewall --> filter rules. Logikanya seperti ini, masukkan semua daftar address list IP yang akan di block di address list, kemudian definisikan aturan yang ada di filter rules dengan IP yang telah di definisikan di address list. Sampai di sini pasti mumet' soale aku juga muemet jelasin. hehehe... Langsung saja kita pratekin....

Caranya seperti berikut:
1. Masuk mikrotik melalui winbox
2. Masukkan daftar IP yang ingin di block di addresst list.
Caranya  :
IP --> Firewall --> Address List. Tambahkan dengan menekan tanda +

Misalnya saja, www.google.com. Anda bisa mencari tau alamat ip google dengan melakukan ping terlebih dahulu. Nanti pasti keluar ip dr google.
Yang perlu di ingat "Biasanya situs-situs besar mempunyai beberapa IP server, jadi anda harus memasukkan semua ip server-server tersebut". Untuk mengetahui alamat beberapa IP server web, anda bisa gunakan perintah dig dari linux.

3. Kemudian tambahakan aturan di filter rules di tab general.
Pada src address di isi oleh jaringan lokal anda yang ingin anda block.
 4. Pilih tab advance
dst address diisi oleh IP yang sudah dimasukkan di address list. Misal tadi google ya di pilih google.
5. Pilih tabAction drop





















Sekian... semoga bermanfaat...

----------------------------------
hery
Ilmu untuk dipelajari, dibagi, dan diamalkan

Related Posts

6 komentar

  1. wah mantab's banget ne...
    kayake perlu dicoba..
    OIY mas, kenapa kagak pake versi yang terbaru?? samakah letak konfigurasinya???

    BalasHapus
  2. untuk yang versi baru, belum dicoba...........

    BalasHapus
  3. Grosir Sepatu Futsal13 Juli 2010 07.30

    mantab gan, kunjungan n salam kenal, welcome to my blog : http://www.fidashop.co.cc

    BalasHapus
  4. Untuk Versi 4.17 saya coba g bisa gan.... gmn ya ada cara lain g?

    BalasHapus
  5. weh... apik tenan blog-e... kapan2 biso ki ngajar workshop :) 

    BalasHapus
  6. Heeee...masih belajar pak....boleh juga..:d

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter